Breaking News

Solusi URL Artikel error Pada Pencarian Google

Solusi Mengatasi Url Artikel error pada pencarian google

Solusi/Mengatasi URL error di pencarian google, Sebagian daripada pengguna Blog atau sebutan lainnya adalah Blogger yang senior mungkin tidak aneh bagi mereka disaat judul yang diupload oleh kita menjadi Top one/ Page one alias nomer satu pada pencarian kata kunci yang tiba-tiba saja menjadi eror url artikelnya dikarenakan kesalahan dari kita, yang pada akhirnya sangat merugikan sekali, padahal dengan bersusah payah dan jatuh bangun juga membuat artikel kita untuk menempati halaman teratas, bagi para pemula seperti saya itu mungkin menjadi kepanikan yang luar biasa juga dimana artikel tersebut menjadi tugas deadline pada salah satu mata kuliah, akhirnya dengan berbekal modal nekad dan keyakinan masa sih artikel kita tidak bisa dilihat/ dibuka padahal sudah susah-susah untuk masuk 10 besar pada pencarian kata kunci. Saya bolak balik mencari solusi kesana sini supaya artikel kita tidak eror saat dikunjungi atau diklik.

Berawal dari kesalahan saya yang mengganti alamat url, dan akhirnya error. Sebagai seorang newbie langsung panik... (hehehe, lebay sedikit). Mungkin sebenarnya tidak terlalu penting juga karena memang saya belum diterima oleh adsense, ya tapi kan sayang yang tadinya semangat untuk berbagi ilmu atau pengalaman tiba-tiba eror dengan sangat cepat.
Alhamdulillah setelah saya membaca sedikit demi sedikit panduan dari google, ketemu juga jawaban nya.
Sebenarnya semua itu ada pengaturan di internal blog nya, tapi mungkin dari kita tidak terlalu membaca panduan nya, yang mungkin malas membacanya dikarenakan bahasa default atau bawaan nya bahasa inggris, maklum bahasa inggris nya pas-pasan....hehehe.

http://mytechtelco.blogspot.co.id


Jawabannya ada di pengalihan URL Redirect Link, banyak hal yang dapat kita manfaatkan dari menu preferensi penelusuran yang ada dalam halaman blogger. Salah satu menu yang menurut saya merupakan menu penting yang harus di sesuaikan selain pengaturan robots.txt dan tag tajuk robot khusus adalah pengalihan khusus blogger.
Kegunaan dari menu pengalihan khusus blogger ini sangat penting anda manfaatkan jika didalam blog Anda terdapat link/url rusak, sehingga dampak dari broken link yang negatif terhadap blog juga dapat Anda hindari. Selain itu, dalam melakukan redirect link menggunakan menu pengalihan khusus blogger ini, ketika Anda tidak sengaja melakukan publikasi terhadap sebuh artikel atau Anda ingin mengupgrade halaman atau artikel yang pernah anda publish sebelumnya tanpa mengurangi eksistensinya di serp maka dengan melakukan redirect link Anda tidak akan kehilangan pengunjung blog saat artikel atau halaman yang di redirect.

Menurut informasi yang saya dapatkan dari forum seo, ketika Anda melakukan redirect url broken link, reputasi seperti backlink dan pagerank juga akan pindah dari halaman sebelumnya ke halaman baru yang Anda sesuaikan.
Membuat Pengalihan URL di Blogger/ Mengatasi URL eror pada pencarian google
Alasan saya membahas tentang menu pengalihan khusus blogger sebagai alat untuk redirect link adalah saat saya sedang mendapat tugas dari sekolah dan kata pencarian yang saya buat sebelumnya salah, maka otomatis link nya error.

Untuk melakukan pengalihan link, ikuti langkah-langkah yang akan saya jelaskan berikut ini:
Login ke akun blogger Anda
Masuk ke Menu Setelan
Pilih Preferensi Penelusuran
Pilih bagian Kesalahan dan Pengalihan
Klik Edit pada Pengalihan Khusus
Akan muncul dua kolom, pada kolom DARI masukkan URL artikel yang dialihkan, sedangkan pada kolom KEPADA masukkan URL tujuan pengalihan.
Perhatikan, misalkan URL tersebut adalah http://mytechtelco.blogspot.com/2016/11/tutorial-actix-vol-2.html.
Maka dikolom DARI http://mytechtelco.blogspot.com hanya memasukkan /2016/11/tutorial-actix-vol-2.html sedangkan dikolom kepada http://mytechtelco.blogspot.com masukkan url baru yang akan dialihkan /2016/11/cara-mengedit-range-dan-warna-di-actix.html
Beri tanda centang pada opsi PERMANEN
Setelah itu klik simpan perubahan. Dengan demikian URL anda sudah teralihkan ke URL baru. (lihat contoh di bawah).

http://mytechtelco.blogspot.co.id

Sekarang silahkan Anda coba buka URL lama. Jika pengalihan URL anda benar, maka URL baru yang akan terbuka. Perlu diperhatikan bahwa hanya URL dari blog yang sama saja yang akan diterima oleh redirect link ini, sedangkan pengalihan yang berbeda blog tidak akan dapat dilakukan.
Misalkan, Anda mau membatalkan pengalihan ini, maka lihat kolom centang disamping URL di atas. Anda tinggal mencentang checkbox tersebut dan klik HAPUS, maka pengalihan tersebut akan dibatalkan. URL lama akan kembali terbuka dan tidak diarahkan ke URL yang baru.
Semoga bisa menambah wawasan teman-teman dalam dunia bloger, semangat terus untuk lebih maju.























Tidak ada komentar