Breaking News

Cara memasang robot.txt di blogspot

Cara memasang robot.txt di blogspot

image
Cara memasang robot txt di blogspot , Saya sering mendengar tapi tidak memahami istilah apa itu robot txt? apa fungsi dari robot txt itu? dan perlukah kita setting robot txt?. Dari istilah di atas, saya berusaha mencoba memahami tentang robot.txt ini, sekarang saya sudah paham.... sedikit hehehe..... betapa pentingnya setting robot.txt ini.
Apakah teman-teman sama seperti saya????

Didalam blogger robot.txt di kenal dengan custom robot.txt, nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas kegunaan apa itu robot.txt dan apa manfaat dari robot.txt tersebut. Yang perlu teman-teman tahu, saya tidaklah mahir dalam bidang ini, tetapi saya membaca dan mempraktekkan dari  https://support.google.com/blogger/answer/41373?hl=id&visit_id=0-636159340483973977-919428796&rd=1

Hal yang perlu Teman-teman perhatikan tentang robot.txt adalah "Gunakan dengan sangat hati hati. Penggunaan yang tidak benar dari fitur ini dapat mengakibatkan blog Anda di abaikan oleh mesin pencari".
Teman-teman bisa mengikuti tutorial cara setting robot.txt untuk blogger dibawah ini.
Silahkan dilanjutkan membacanya dulu sebelum kita ke tutorial setting robot.txt.

Apa Itu Robot.txt?
Robot.txt adalah sebuah ketentuan pengguna blog untuk mencegah dari mesin pencari, yang tidak di izinkan untuk di index.
Robot.txt ini juga berguna mengontrol dari halaman yang tidak boleh di index dari mesin pencari dan situs media sosial seperti: Facebook, Twitter dan lain-lain.
Jika teman-teman ingin lebih jelas dan detailnya bisa membaca dari situs https://id.wikipedia.org/wiki/Robots.txt

Cara Setting Robot.txt di Blogger
Semua plaform Blogger sudah memiliki robot.txt didalamnya. Secara default robot.txt di blogspot seperti dibawah ini:

Langkah langkah setting Robot.txt :
Poin #1 Login pada blogger
Poin #2 Pilih setelan
Poin #3 Pilih Preferensi penelusuran
Poin #4 Edit robot.txt
Poin #5 Silahkan copy-paste tulisan dibawah


User-agent: Mediapartners-Google
Disallow:
User-agent: *
Disallow: /search
Allow: /
Catatan : Ganti orangcianjur.blogspot.com dengan alamat blog teman-teman

6. Simpan perubahan. (Lihat gambar dibawah).
image

Keterangan :


#1. User-agent: Mediapartners-Google: User agent milik google menandakan bahwa blog ini partner dari google. Kode ini juga difungsikan untuk robot Google Adsense yang membantu mereka untuk menampilkan iklan yang relevan di blog Anda.
#2. Disallow: Yang tidak di perbolehkan tidak ada.
#3. User-agent: Semua robot search engine/mesin pencari.
#4. Disallow: /search: Tidak di perbolehkan merayapi folder seach dll, seperti search/label dan seterusnya. Itu berarti link memiliki kata kunci pencarian setelah nama domain akan diabaikan. seperti yang saya katakan search/label/seo tidak akan di index.
#5. Allow: /: Mengizinkan semua halaman untuk di rayapi, kecuali yang di larang di atas. Tanda "/" mengacu pada homepage dan berarti robot dapat merayapi homepage blog kita.

Semoga bisa menambah pengetahuan teman-teman tentang blognya….. Wassalam


















Tidak ada komentar