Breaking News

Kebun Teh Gedeh Cianjur

logo
Sumber http://stephenlangitan.com/ 



Kebun teh gedeh di cianjur Jabar – Destinasi ke cianjur saya sarankan untuk mampir dulu ke perkebunan teh yang terletak di kampung Sukamulya, kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43252. Anda bisa sekaligus melihat Curug Batu lemar juga disini.
Perkebunan teh Gedeh adalah salah satu kebun teh tertua di pulau Jawa tepatnya di kabupaten Cianjur, tetapi tidak begitu dikenal karena letaknya yang jauh dari jalan raya dan hanya dapat dilihat oleh orang yang berniat kesana. Perkebunan teh ini lebih luas dan lebih tinggi letaknya dibandingkan Gunung Mas, dengan luas 1000 hektar dengan ketinggian 900 - 1700 mdpl.
Penanaman teh diawali pada pada pertengahan 1870an, dan sebagian besar lahan telah berhasil ditanami sebelum tahun 1906. Pabrik teh modern yang sekarang beroperasi mulai berjalan dalam dua tahapan pada tahun 1927 dan 1929.
Memulai perjalanan dari pusat kota Cianjur, cukup menumpang angkot bercat merah muda jurusan Cianjur- Gedeh. Ongkosnya Rp 7 ribu. Angkot akan berhenti di pasar Desa Mangunkerta. Dari Pasar ini, perjalanan masih jauh. Jika ditempuh dengan berjalan kaki, tenaga akan habis sebelum sampai di curug. Kendaraan yang bisa ditumpangi adalah ojek. Dengan ongkos Rp 10 ribu, ojek akan mengantar hingga gerbang perkebunan Gedeh, di Kampung Tenjolaut, Desa Nyalindung, Kecamatan Cugenang.
Dari gerbang ini, perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki melewati hamparan kebun teh yang memanjakan mata. Selain akan melewati sebuah tempat pengolahan teh yang sudah berdiri sejak tahun 1927, dari tempat dengan ketinggian 1.700 meter di atas permukaan laut ini, mata bisa menyaksikan hamparan permukiman penduduk di perkotaan Cianjur.

Baca juga artikel : Curug Cibeureum Cianjur

curug-batu-lempar
Sumber http://jabar.tribunnews.com/ 

Dari jarak 30 meter sebelum tiba di curug, gemuruh air sudah terdengar. Begitu langkah terhenti, embun air jernih yang menghantam batu dari ketinggian 15 meter itu langsung menerpa badan. Sejuk langsung terasa di kawasan kaki Gunung Gede-Pangrango itu. Rasa lelahpun tergantikan menjadi rasa yang gurih dan mantap setelah melihat curug batu lempar, Bagi anda para traveler disarankan membawa perbekalan ya. kaga bakalan nyesel deh kalau anda yang seneng banget berpetualang.







Tidak ada komentar